Melihat Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat berada di Dusun Rendang Le, Kecamatan Ampenan, Kabupaten Mataram, Propinsi Nusa Tenggara Barat. museum ini adalah museum riwayat warga nusa tenggara barat. museum negeri nusa tenggara barat kerap dikenali bernama museum Lombok. museum negeri nusa tenggara barat lebih pas nya ada pada jalan panji tilar negara no.6 taman sari dekat dusun rendang le. museum ini dirintis oleh instansi nirlaba semenjak tahun 1976 dan baru disahkan di tanggal 23 januari 1982. museum ini banyak memiliki warisan riwayat warga nusa tenggara barat.



 koleksi riwayat pada rekreasi museum negeri nusa tenggara barat sudah capai 7513 buah. museum ini bukanlah cuman mempunyai beragam warisan riwayat di mana periode manusia belum mengenali tulisan saja, tetapi ada beragam warisan riwayat yang lain seperti warisan bangsa cina yang sempat berkunjung untuk berdagang. museum ini lebih banyak tinggalkan riwayat suku yang menempati lombok dan sumbawa. museum lombok ini banyak memiliki pembelajaran mengenai riwayat negeri nusa tenggara barat yang di mana tidak kalah atas museum-museum yang lain ada di indonesia seperti museum purbakala sangiran, museum angkut dan museum yang lain. museum ini mempunyai miniatur dari candi borobudur dan candi prambanan.
Museum Negeri Nusa Tenggara Barat


Museum Negeri Nusa Tenggara Barat


bila anda bertandang ke museum, anda akan memperoleh wacana riwayat dan pembelajaran mengenai suku, budaya dan beragam jenis riwayat yang lain di museum negeri nusa tenggara barat. koleksi museum lombok ialah mengenai riwayat, biologi, geologi, arkelogi, budaya lukisan dan keramik. museum negeri nusa tenggara barat salah satunya museum terkomplet di propinsi nusa tenggara barat. koleksi riwayat yang ada di museum ini ialah pakaian pernikahan dari barisan etnis Sasak, Samawah, Mbojo dan beberapa fosil, coin penjajahan dari Portugis, Spanyol, sampai Belanda, dan senjata tradisionil dari Kesultanan Bima. kekhasan dari museum negeri nusa tenggara barat ada sebuah koleksi beberapa benda tradisionil yang bau mistik seperti pustaka batu dan beberapa barang tradisionil untuk mencegah nasib jelek, petir, kekurangan dan ada banyak kembali yang lain. di sini ada beberapa benda riwayat dari kelautan seperti transportasi, senjata, tulisan lontar, benda pra riwayat, mata uang, alat memburu dan ada banyak kembali yang lain. Berdasar Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 museum ini jadi UPT (Unit Eksekutor Tehnis) Wilayah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat. Museum ini diatur sangatlah baik dan baik dengan peletakan barang koleksi yang sama sesuai tempatnya hingga membuat beberapa pelancong secara mudah menyaksikan koleksi-koleksi yang diperlihatkan. Ditambah lagi temperatur ruang yang telah ditata secara baik hingga menambahkan situasi ruang jadi lebih nyaman.

Koleksi Riwayat Museum Negeri Nusa Tenggara Barat


museum negeri nusa tenggara barat ini mempunyai ruang-ruangan yang di mana beberapa benda yang di hadirkan berbeda dari ruang yang lain. ada 2 segi ruang di museum ini yakni ruang segi selatan dan ruang segi utara. ada 2 gedung khusus di museum ini pertama kalinya masuk lobby. di gedung berikut sebagai ruang pameran tetap. saat pertama masuk ke museum, anda akan menyaksikan buaya muara sejauh 4,1 mtr. yang sudah di awetkan dan di tempatkan kotak kaca. gedung pertama, Anda dapat menyaksikan miniatur Pulau Lombok dan Sumbawa. Miniatur ini dibikin dengan detil, hingga Anda dapat secara jelas menyaksikan kondisi geografi Pulau Lombok dan Sumbawa. 
Koleksi Sejarah Museum Negeri Nusa Tenggara Barat


Seperti daratan rendah, pegunungan, danau, dan sungai yang berada di ke-2 pulau itu. Disebelah Utara ruang Anda akan disuguhi dengan info mengenai beberapa spesies flora dan fauna di ke-2 pulau, yang hampir musnah dan diproteksi oleh pemerintahan. Seperti Pohon Gaharu (Exoecaria aqallocia), Kayu Kelicung (Dyospiros malabarica), Beo Sumbawa, Kupu-kupu Raja Halifron, dan beberapa biota laut. Gedung yang ke-2 memiliki ukuran semakin besar dari gedung pertama. Saat memaasuki gedung ini, Anda akan disongsong dengan beberapa pasang pengantin yang menggunakan baju tradisionil beberapa suku. Seperti Suku Sasak, Sumbawa, Bima, dan Bali. 


Di samping pengantin Bali, Anda akan menyaksikan kuda-kudaan atau Jaran Kumput. Jaran Kumput umumnya dinaiki dengan seorang anak yang sudah disunat dan diarak keliling dusun. Anda akan mendapati contoh alat tenun tradisionil, yang umum digunakan di Pulau Lombok dan Bima. Alat tenun itu sampai saat ini masih dipakai di Dusun Sukarara dan Dusun Pringgasela. Selain alat tenun, Anda akan menyaksikan hasil tenunan dengan pola ciri khas Suku Sasak dan Suku Bima. Seperti Pola Subahnala dan Pola Ngusuwaru. selanjutnya pada segi samping Utara ruang ini, Anda akan menyaksikan beragam tipe porselen warisan bangsa Cina (Dinasti Ching) dari era ke 10-14. 
Koleksi baju pengantin sejarah


Dan alat musik tradisionil, perlengkapan beribadah umat Hindu dan Islam, beragam jenis kedok, patung-patung dewa dalam tuntunan Hindu, beberapa alat permainan rakyat, dan pedang dan pisau yang berukiran huruf Arab dan Sasak. Pada bagian paling ujung, Anda dapat menyaksikan beragam perhiasan, peralatan upacara, dan beragam keris dengan beragam hiasan. Beberapa benda seni itu sebagai peningalan kerajaan-kerajaan yang berada di NTB. Disebelah Selatan ruang, Anda akan menjumpai beragam Takepan. 



Takepan ini ialah document dokumen kuno yang dibuat dari daun lontar dan kayu, yang dicatat dengan memakai huruf Sasak dan Arab. Ada empat Takepan yang ditampilkan. Yakni Takepan Babad Suwung, Takepan Kotaragama, Takepan Indrajaya, dan Takepan Monyeh. Tiap Takepan berisi narasi yang berbeda. Misalkan, Takepan Babad Suwung bercerita mengenai kerajaan kecil yang berada di Pulau Lombok, seperti kerajaan Selaparang, Bayan, dan Pejanggik. Dan Takepan Indrajaya bercerita mengenai Indajaya yang perdalam tuntunan Islam dari Syekh Salamuddin. demikian komplet budaya riwayat di museum negeri nusa tenggara barat ini.

Koleksi pakaian pengantin riwayat


Harga Ticket Masuk Museum Lombok
untuk harga ticket masuk tujuan museum lombok supaya menambahkan wacana pengetahuan dan pembelajaran, anda cukup bayar dengan harga 2.000 ribu rupiah. untuk harga ticket bisa jadi berbeda, bergantung dari faksi rekreasi museum riwayat negeri nusa tenggara barat kota mataram.


sandal warisan budaya nusa tenggara barat


sandal peninggalan budaya nusa tenggara barat
Sarana Museum Negeri Nusa Tenggara Barat
untuk sarana kemungkinan tidak sedetail rekreasi berlibur yang lain, karena di sini cuman lebih tawarkan pembelajaran buat anak-anak dan keluarga anda. tetapi tak perlu cemas, karena untuk sarana umum sudah ada di tempat museum ini. bila sempaker lapar dan ingin makan, di sini ada sebauh tempat makanan yang jual makanan ciri khas lombok seperti Ayam Taliwang, Plecing Kangkung dan banyak kulineran ciri khas yang lain yang menguasai dengan rasa pedas. Beberapa tempat makan yang ada seperti Rumah Makan Rizkika, Rumah Makan Green Rinjani, dan ada banyak kembali. jadi sempaker tidak perlu cemas mengenai perut keroncongannya ya. bila anda ingin bermalam di kota mataram, ada hotel atau tempat pemondokan yang baik seperti bidari hotel, graha, ayu hotel dan lombok garden hotel buat anda istirahat sesaat.

Koleksi beberapa benda tradisionil museum NTB


Akses Lokasi Museum Negeri Nusa Tenggara Barat
Bila sempaker ingin bertandang ke Museum Negeri Nusa Tenggara Barat ini, bisa memakai transportasi individu atau umum. Baik roda 2 atau roda 4. bila sempaker yang memakai angkutan umum, dapat memakai taxi, ojek, transportasi umum dan turun di lampu merah Seruni, selanjutnya jalan kaki ke selatan. sama waktu menempuh kurang lebih lima menit, dan bisa mendapati papan nama ‘Museum Negeri Nusa Tenggara Barat' komplet dengan petunjuk lokasi museum. jika menggunakan kendaraan individu tinggal saksikan GPS.



Koleksi benda-benda tradisional museum NTB

Demikian info Object Rekreasi Museum Negeri Nusa Tenggara Barat. banyak pelajaran yang dapat diperoleh bila berkunjung museum ini. di sekitar museum ada beragam tempat monumental seperti mushola kuno bayan beleq, pusara loam baloq dan teritori tua ampenan dan perpustakaan mengenai riwayat. jadi nantikan apa lagi datangi rekreasi pembelajaran ini.





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama